• Pondok Pesantren Al-Fatah didirikan oleh KH. Aceng Royani (Alm.) sejak tahun 1960 M / 1379 H
Zaman telah berubah, Santri tak cukup hanya bisa Ngaji tapi juga perlu diimbangi dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Keterampilan yang Mumpuni..

MA AL-FATAH

Sebagai bentuk penghargaan pemerintah terhadap Lembaga Pendidikan Islam, maka posisi madrasah benar-benar sama dan sejajar dengan sekolah pada umumnya. Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN/UU Sisdiknas) disebutkan, bahwa Madrasah adalah "Sekolah Umum dengan Ciri Khas Islam". Sedangkan Madrasah Aliyah (MA) adalah Sekolah setara SMA (Sekolah Menengah Atas) dengan penghargaan ijazah yang sama dengan ijazah sekolah pada umumnya dan plus pendidkan agamanya. Dengan kata lain, bahwa Madrasah adalah Sekolah yang lebih mengedepankan keseimbangan antara Pengetahuan Agama dan Pengetahuan Umum (terutama Sekolah/Madrasah bebasis Pesantren).

PROFIL SEKOLAH

1
Nama Sekolah                      
:
MA AL-FATAH
2
NSS/NPSN                       
:
131232170027 / 20280010
3
Status Akreditasi 
:
B (Baik)
4
Status Sekolah
:
Swasta (dibawah naungan/koordinasi Pondok Pesantren Al-Fatah)
5
Alamat
:
Komplek Pondok Pesantren Al-Fatah Ds/Kec. Gununghalu
Kab. Bandung Barat Prov. Jawa Barat 40565
6
Telp.
:
0838-70527052
7
E-mail  
:
pp.alfatah@gmail.com
8
Website
:
www.pp-alfatah.blogspot.com
9
Tahun Didirikan
:
2006 M / 1427 H
10
Nomor SK Izin Operasional
:
Kw.10.4/4/PP.00.6/2653/2007
11
Tanggal SK Ijin Operasional
:
20 Juni 2007
12
NPWP  
:
316578335421000
13
Nama Kepala Sekolah
:
A. RAMDHAN MUBARAK S.Pd.I
14
Nama Pesantren
:
PONDOK PESANTREN AL-FATAH
15
Tahun Pendirian Pesantren   
:
1960 M / 1379 H
16
Pendiri Pesantren  
:
KH. ACENG ROYANI (ALM.)
17
Nama Yayasan
:
YAYASAN AL-FATAH
18
Akte Pendirian Yayasan
:
No. 12 Tgl. 31 Mei 1999
19
Program Studi (Jurusan)
:
IPA & IPS. Insya Allah ke depannya akan membuka Jurusan Keagamaan, untuk memfasilitasi calon-calon Ulama/Ustazd/Ajeungan/Kyai dan atau yang hendak mempelajari ilmu-ilmu agama secara lebih dalam, luas dan terintegrasi.
20
Kurikulum
:
MA AL-FATAH adalah Sekolah berbasis Pesantren yg memadukan Sistem Pendidikan Sekolah dan Sistem Pendidikan Pesantren, baik Pesantren Salafiyah/Klasik maupun Pesantren Modern/Khalafiyah (Actual, Hidden and Null Curriculum). Sekolah dan Pesantren keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan, disinilah MA AL-FATAH mencoba untuk memadukan keunggulan Sekolah dan Pesantren sehingga tercifta sistem pendidikan yg komprehensif, agar seimbang - tidak pincang, karena ILMU tanpa AGAMA - BUTA. AGAMA tanpa ILMU - LUMPUH.
21
Tenaga Pengajar/Pendidik
:
Tenaga Pendidik/Pengajar/Guru adalah Para Sarjana Pendidikan Lulusan Perguruan Tinggi baik Perguruan Tinggi Agama Islam maupun Perguruan Tinggi Umum, termasuk Sarjana Pendidikan yg memiliki latar belakang Pendidikan Pesantren, baik Pesantren Salafiyah maupun Pesantren Modern.
22
Prospek
:
Lokasi Madrasah Aliyah (MA) Al-Fatah berada dalam Lingkungan Pesantren, yakni: Pondok Pesantren Al-Fatah. Secara geografis, Kampus/Komplek Pondok Pesantren Al-Fatah dikelilingi oleh areal persawahan yang cukup luas, didukung dengan SDM lulusan Pondok Pesantren, baik Pesantren Salafiyah Maupun Pesantren Modern juga lulusan Perguruan Tinggi, baik Perguruan Tinggi Agama maupun Perguruan Tinggi Umum. Oleh karena itu, dalam jangka panjang Pondok Pesantren Al-Fatah memungkinkan untuk diperluas dan dikembangkan. Selain itu, Kampus/Komplek Pondok Pesantren Al-Fatah juga dilintasi Jalan Propinsi yang menghubungkan 2 (dua) kabupaten, yakni: Kabupaten Bandung Barat & Kabupaten Bandung (Gununghalu - Ciwidey).